Pages

Tuesday, August 21, 2018

Kemendag: H-1 Idul Adha, Harga Cabai dan Bawang Stabil

Produksi dan pasokan sayuran secara nasional hingga saat ini sangat mencukupi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Harga aneka cabai dan bawang menjelang Idul Adha 1439 H terpantau aman. Sehingga tidak ada gejolak harga di seluruh Indonesia.

"Masyarakat Indonesia saat ini sudah semakin cerdas dan cool dalam mengelola konsumsi atau belanja pangan harian. Tidak panik saat ada isu kenaikan harga," kata Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Suwandi melalui siaran pers, Selasa (21/8).

Ia menilai, sikap positif konsumen tersebut turut mendukung terciptanya stabilitas harga. Sebab, produksi dan pasokan sayuran secara nasional hingga saat ini sangat mencukupi. Tercatat, data panel harga di Posko Hortikultura merekam harga di tingkat petani sentra seluruh Indonesia khususnya bawang dan aneka cabai.

"Harga bawang merah di tingkat petani Rp 8.000 - Rp 13 ribu per kg. Harga cabai rawit merah Rp 16 ribu per kg, cabai merah besar TW Rp 16.466 per kg dan cabai merah keriting Rp 16.375 per kg," kata Suwandi.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hortikultura Yasid Taufik menambahkan, harga pangan khususnya sayuran di DKI Jakarta menjelang Idul Adha 2018  terkendali. Harga bawang merah sayur di Pasar Induk Kramat Jati Selasa (21/8) terpantau di kisaran Rp 14 ribu per kg, turun dari hari sebelumnya.

"Sedangkan di Pasar Induk Tanah Tinggi di harga Rp 14 ribu – Rp 15 ribu per kg. Cabai merah TW Rp 30 ribu per kg, cabai merah keriting Rp 17 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 18 ribu per kg dan bawang putih Rp 16 ribu per kg," ujar dia.

Harga rata rata di 43 pasar retail DKI Jakarta, bawang merah Rp 28.883 per kg, cabai merah keriting Rp 34.255 per kg, cabai merah besar Rp 41.046 per kg, cabai rawit merah Rp 42.956 per kg dan bawang putih impor Rp 29.776 per kg. Harga sayuran lainnya seperti kentang dijual Rp 14.313 per kg dan tomat buah Rp 12.593 per kg.

"Harga jual di tingkat eceran biasanya memang lebih tinggi karena konsumen belinya ngecer seperempat atau setengah kiloan. Selain itu, biasanya yang dijual di eceran sudah dipilih yang super," kata Yasid.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2N2tiv9

No comments:

Post a Comment