Pages

Thursday, August 23, 2018

Pemkot Surabaya Kembali Kirimkan Bantuan ke Lombok

Pemkot Surabaya juga memberangkatkan tim relawan

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkerja sama dengan PT. Wings Surya mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).  Pemberangkatan peduli gempa lombok tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di halaman balai kota Surabaya, pada Kamis, (23/8).

Risma menjelaskan, bantuan yang diberangkatkan kali ini, selain mengirim logistik, dokter dan psikolog ke Lombok, Pemkot Surabaya juga memberangkatkan tim relawan. Tim relawan ini akan bertugas untuk memantau kondisi sekaligus menerima bantuan dari Kota Surabaya.

“Setiap 4 hari sekali kita ganti orang dan pagi tadi kita ngirim 12 orang,” kata Risma seusai memberangkatkan bantuan.

Selain itu, lanjut Risma, Pemkot Surabaya juga mengirim tenaga dan alat pertanian. Bahkan Pemkot Surabaya juga mengirimkan alat penjernih air sekaligus mengedukasi warga di sana bagaimana menjernihkan air untuk minum, membuat toilet, dan tempat tidur.

Hal ini, kata Risma, untuk meringankan beban warga yang ada disana, meskipun kondisi masih belum kondusif. “Sembari menunggu kondisi pulih, ada baiknya warga disana mengisi waktu dengan bertani atau membuat hal-hal yang positif,” ujar wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan tersebut.

Dikarenakan kondisi di Lombok masih terus diguncang gempa, Pemkot Surabaya sendiri masih akan terus membuka posko bantuan. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christijanto, kebutuhan yang saat ini diperlukan oleh masyarakat di Lombok meliputi, terpal, selimut dan beras.

“Kebutuhan ini akan kita suplai terus dan sudah kita sampaikan ke masyarakat melalui media sosial, elektronik maupun website resmi Pemkot Surabaya,” kata Eddy.

General Affairs Manager PT Wings Surya Mulyo Kuncoro menambahkan, wujud bantuan yang akan dikirim PT. Wings Surya lebih difokuskan pada pemenuhan kebutuhan keluarga dan anak. Yakni berupa sabun mandi, pasta gigi, dan deterjen.

"Masing-masing sebanyak 300 karton. Kita juga kirimkam 590 karton popok bayi, 500 karton pembalut wanita, dan sikat gigi sebanyak 1.800 karton," kata dia.

Mulyo menuturkan, bantuan akan dikirim melalui jalur laut dengan rute awal pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan akan tiba di pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat pada Ahaf (26/8). Semua logistik akan diserahkan dan diterima oleh tim relawan pemkot Surabaya yang kemudian di didistribusikan ke Lombok Utara di kecamatan Tanjung dan Pemenang, Lombok Barat di desa Gunung Sari kecamatan Gunung Sari dan desa Lingsar kecamatan Lingsar serta Lombok Timur kecamatan Masbagik.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2NfsGmg

No comments:

Post a Comment